Mungkin Anda tertanya-tanya, kamera apa yang sesuai atau bagus untuk Anda? Topik ini dikhususkan untuk menjawab pertanyaan ini. Jenis kamera yang akan kita bahas adalah kamera digital.


Kita akan membahas kelebihan dan kekurangan  dua jenis kamera popular, pertama adalah kamera kompak / compact sering disebut juga kamera digital dan kamera digital SLR. (Ada pula kamera jenis lain seperti superzoom, micro 4/3  akan kita sentuh sekilas lalu).

Ada dua perbezaan utama kamera digital saku dan kamera digital SLR. Perbezaan itu adalah besarnya sensor, dan kemampuan kamera untuk mengubah lensa (interchangeable lens).


Perbezaan Ukuran Sensor
Perbedaan sensor mengakibatkan kualiti gambar DSLR lebih baik terutama dalam merakam warna, dan lebih detil dan lebih bebas “noise” atau bintik-bintik pada foto di setting ISO tinggi. Oleh sebab itu, kamera DSLR lebih baik dalam merakam foto di persekitaran yang gelap. Walaupun demikian kemampuan kamera DSLR untuk mengambil gambar yang baik di situasi yang gelap juga bergantung kepada bukaan lensa.
Perbezaan sensor juga mengakibatkan kamera digital SLR lebih baik dalam mengatur “depth of field” sehingga lebih mudah membuat latar belakang/depan menjadi kabur (blur atau out of focus). Sensor kecil dalam kamera digital membuat efek ini sukar dicapai.

Kemampuan untuk mengganti lensa
Perbezaan kamera untuk mengganti lensa sangat penting terutama untuk mendapatkan hasil yang maksima sesuai dengan keinginan fotografer. Banyak lensa dalam dunia digital SLR yang memiliki fungsi yang berbeza. Contohnya lensa makro untuk foto benda-benda kecil, lensa fish-eye atau ultra wide untuk menggambil gambar super lebar, lensa telephoto untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Dengan mengunakan lensa khusus, maka hasil gambar kamera digital SLR lebih baik dan sesuai dengan apa yang dikehendaki.
Adapula perbezaan lain yang cukup ketara adalah kualiti dan besarnya badan (bodi) kamera. Kamera SLR selalunya berukuran jauh lebih besar dari kamera kompak. Hal ini disebabkan karena kamera DSLR memiliki sensor yang lebih besar, memiliki cermin/prisma dan viewfinder sehingga fotografer dapat melihat dan mengkomposisikan gambar secara terus dari lensa. Selain itu kamera DSLR juga memiliki bateri dalam ukuran yang lebih besar.

Selain itu kamera DSLR secara umum juga memiliki tingkat responsif yang tinggi semasa Anda menekan pemantik potret (shutter) dengan pengambilan gambar. Pengambilan gambar dengan kecepatan tinggi berturut-turut juga lebih baik dengan kamera digital SLR. Rata-rata kamera digital SLR dapat mengambil gambar 3 foto per detik. Dan kamera digital SLR peringkat pro dapat mengambil gambar antara 5 sampai 10 gambar per detik.

Point terakhir adalah semua kamera digital SLR mempunyai kemampuan untuk mengontrol kamera secara manual.  Kebelakangan ini, kemampuan ini tidak ekslusif karena kehadiran beberapa kamera digital tingkat mahir yang juga memiliki kemampuan ini.


Kelebihan kamera digital kompak
Meskipun kamera DSLR memiliki banyak kelebihan terutama dalam menghasilkan foto yang lebih baik, kamera kompak juga memiliki kelebihan sendiri. Kelebihan utama kamera kompak atau sering disebut juga kamera saku adalah ukurannya yang kecil dan juga lebih murah. Kamera kompak biasanya juga memiliki built-in mode makro.
Kamera lainnya
Kamera superzoom adalah kamera yang memiliki jangkauan zoom yang sangat lebar, sehingga Anda dapat mengambil gambar lebar maupun jauh/telephoto. Selain itu kamera superzoom biasanya lebih responsive daripada kamera kompak.
Kamera micro 4/3 (Four-Thirds) adalah kamera inovasi baru. Kamera ini memiliki sifat seperti DSLR seperti memiliki sensor ukuran besar (4-5 kali lebih besar dari kamera kompak) dan kemampuan mengganti lensa, tapi ukurannya lebih  kecil dari kamera DSLR tapi tidak sekecil kamera kompak secara umum. Ukuran ini dapat dicapai kerana kamera micro 4/3 tidak memiliki cermin/prisma di dalam badan kamera. Akibatnya, pengguna kamera ini akan melihat viewfinder elektronik bukan secara terus melalui lensa.

Kesimpulan

Lalu kamera jenis apa yang paling sesuai untuk Anda? Tentunya dengan pemahaman Anda setelah membaca fungsi jenis kamera digital yang ada, Anda dapat menentukan kamera yang paling relevan untuk Anda. Hal-hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah anggaran Anda, ukuran dan tentunya kualiti gambar yang diinginkan. (Penghargaan -ENCHE) 



0 comments to "Digital Camera Compact Vs Digital Camera DSLR"

Post a Comment

Bukan Mengajar Tapi "Belajar Digital Camera"

My Ping in TotalPing.com

Followers

Cantek Molek